Tugas Pokok dan Fungsi

Dalam Peraturan Daerah Kabupaten Kaimana Nomor .. Tahun …. tentang Organisasi dan Tata Kerja Distrik di Kabupaten Kaimana, bahwa Distrik merupakan Perangkat Daerah sebagai Pelaksana teknis kewilayahan yang mempunyai wilayah kerja tertentu dan dipimpin oleh Kepala Distrik, berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah. 

Susunan Organisasi Distrik Kambrau sebagaimana Peraturan Daerah Kabupaten Kaimana, terdiri dari :

  1. Kepala Distrik ;
  2. Sekretariat
    1. Sub Bagian Umum ;
    2. Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan
  3. Seksi Pemerintahan ;
  4. Seksi Ekonomi dan Pembangunan ;
  5. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung ;
  6. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum ;
  7. Kelompok Jabatan Fungsional.

Adapun tugas dan fungsi PD Distrik Kambrau adalah :

  1. Kepala Distrik, mempunyai tugas :
    1. Melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan koordinasi, pembinaan pengendalian dan pemberian bimbingan teknis bidang Pemerintahan, Perekonomian dan Pembangunan, Kesejahteraan Sosial, Ketentraman dan Ketertiban.
    2. Dalam melaksanakan tugas dimaksud, Kepala Distrik mempunyai fungsi :
      • Penyiapan bahan dan pelaksanaan bimbingan teknis bidang Pemerintahan;
      • Penyiapan bahan dan pelaksanaan bimbingan teknis bidang Perekonomian dan Pembangunan;
      • Penyiapan bahan dan pelaksanaan bimbingan teknis bidang Kesejahteraan Sosial;
      • Penyimpan bahan dan pelaksanaan bimbingan teknis bidang Ketentraman dan Ketertiban;
      • Pelaksanaan urusan program, pengelolaan kepustakaan, kehumasan, keuangan, perlengkapan, kepegawaian, tata usaha, protocol dan rumah tangga;
      • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah.
  1. Sekretaris Distrik, yaitu :
    1. Sekretariat adalah Unsur Staf yang dipimpin oleh seorang Sekretaris Distrik, berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Distrik;
    2. Sekretaris Distrik mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijaksanaan, koordinasi, pembinaan, pengendalian, kepustakaan, kehumasan, keuangan, perlengkapan, kepegawaian, tata usaha, protocol dan rumah tangga;
    3. Sekretaris Distrik Kambrau, mempunyai tugas :
      • Pengumpulan, penelaahan dan analisis data serta penyajian data Statistik dan informasi dalam rangka penyiapan bahan perumusan kebijaksanaan teknis penyusunan program pengelolaan keuangan dan umum;
      • Meneliti dan mengarahkan surat-surat yang akan disediakan kepada Pimpinan dengan cara membubuhkan tanda koreksi pada masing-masing surat agar sesuai dengan tujuan dan maksud (isi) surat;
      • Menyusun rencana program Dinas sesuai dengan kegiatan dimasing-masing seksi dalam rangka penyatuan misi dan visi sehingga tercapai keterpaduan program;
      • Menguasai dan mengendalikan pelaksanaan tugas bawahan dengan cara memberikan petunjuk, arahan dan dapat memotivasi agar diperoleh hasil kerja yang optimal dan sesuai dengan tujuan sehingga dapat terwujudnya disiplin kerja yang tinggi;
      • Membagi tugas dan mengikuti perklembangannya dimasing-masing seksi dengan cara memantau agar dapat memperoleh penyelesaian tugas yang tepat waktu;
      • Meneliti konsep kebutuhan dan perlengkapan Kantor untuk mendapatkan persetujuan dari atasan;
      • Menyempurnakan dan meneliti kembali konsep tentang pembinaan pegawai dalam rangka peningkatan disiplin bagi pegawai di lingkungan Distrik;
      • Mengkoordinasikan dan mengembangkan pelayanan adminitrasi di lingkungan Distrik;
      • Mengevaluasi laporan pertanggung jawaban;
      • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Distrik.
  1. Seksi Tata Pemerintahan
    1. Seksi Tata Pemerintahan adalah Unsur teknis operasional Distrik yang dipimpin seorang Kepala Seksi Tata Pemerintahan, berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Distrik;
    2. Seksi Tata Pemerintahan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijaksanaan, koordinasi, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan teknis dibidang Pemerintahan;
    3. Seksi Tata Pemerintahan, mempunyai tugas :
      • Pengumpulan, penelaahan dan analisis data serta data Statistik dan informasi dalam rangka penyiapan bahan perumusan kebijaksanaan teknis, koordinasi, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan teknis bidang Pemerintahan;
      • Pengurusan tugas operasional dan administrasi perumusan kebijaksanaan teknis, koordinasi, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan bidang Pemerintahan, yang meliputi :
        1. Pengurusan Pemerintahan Umum dan Kampung;
        2. Pengurusan Kependudukan dan Catatan Sipil;
        3. Pengurusan Tenaga Kerja dan Transmigrasi;
        4. Pengurusan Pertanahan dan Perangkat Kampung;
        5. Pengurusan PEMILU, Ideologi Negara, Kesatuan Bangsa, Organisasi Sosial Politik, Organisasi Kemasyarakatan dan Lembaga Kemasyarakatan lainnya;
        6. Pengurusan Pendapatan Daerah;
        7. Pemberian perijinan dan pelayanan umum bidang Pemerintahan.
      • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Distrik.
  1. Seksi Perekonomian dan Pembangunan
    1. Seksi Perekonomian dan Pembangunan adalah Unsur teknis operasional Distrik yang dipimpin oleh seorang Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Distrik;
    2. Seksi Perekonomian dan Pembangunan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijaksanaan, koordinasi, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan teknis dibidang Perekonomian dan Pembangunan;
    3. Seksi Perekonomian dan Pembangunan, mempunyai tugas :
      • Pengumpulan, penelaahan dan analisis data serta penyajian data Statistik dan informasi dalam rangka penyiapan bahan kebijaksanaan teknis, koordinasi, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan teknis bidang Perekonomian dan Pembangunan;
      • Pengurusan tugas operasional dan administrasi perumusan kebijaksanaan teknis, koordinasi, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan bidang Perekonomian dan Pembangunan, meliputi :
        • Pengurusan Industri dan Perdagangan;
        • Pengurusan Perbankan dan Perkreditan Rakyat;
        • Pengurusan Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah;
        • Pengurusan Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan;
        • Pengurusan, Perikanan, Kelautan, Peternakan;
        • Pengurusan Pekerjaan Umum, pertambangan dan Energi serta Lingkungan Hidup;
        • Pengurusan Perhubungan, Pariwisata, Pos dan

         Telekomunikasi;

  • Pemberian Perijinan dan Pelayanan Umum bidang Perekonomian dan Pembangunan.
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Distrik.
  1. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung
    1. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung adalah Unsur teknis operasional Distrik yang dipimpin oleh seorang Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Distrik;
    2. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijaksanaan teknis, koordinasi, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan teknis dibidang Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung;
    3. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, mempunyai tugas :
      • Pengumpulan, penelaahan dan analisis data serta penyiapan data Statistik dan informasi dalam rangka penyiapan bahan kebijaksanaan teknis, koordinasi, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan teknis bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung;
      • Pengurusan tugas operasional dan administrasi perumusan kebijaksanaan teknis, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, meliputi :
        1. Pengurusan Pendidikan, Pemuda, Olah Raga dan Kebudayaan;
        2. Pengurusan Kesehatan dan Keluarga Berencana;
        3. Pengurusan Pemberdayaan Perempuan, Sosial dan Agama;
        4. Pengurusan Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan;
        5. Pemberian Perijinan dan Pelayanan Umum bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung.
        6. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Distrik.
  1. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum
    1. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum adalah Unsur teknis operasional Distrik yang dipimpin oleh seorang Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Distrik;
    2. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijaksanaan, koordinasi, pembinaan, pengendalian dan pemberian teknis dibidang Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum;
    3. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum, mempunyai tugas :
      • Pengumpulan, penelaahan dan analisis data serta penyiapan data Statistik dan informasi dalam rangka penyiapan bahan kebijaksanaan teknis, koordinasi, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan teknis bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung;
      • Pengurusan tugas operasional dan administrasi perumusan kebijaksanaan teknis, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum, meliputi :
      • Pembinaan dan penertiban perijinan;
      • Penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku;
      • Pengendalian operasional Polisi Pamong Praja;
      • Kesiagaan perlindungan masyarakat dan penyelamatan, penanggulangan serta rehabilitasi bencana alam;
      • Evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum.

Galeri Foto

© 2020 DISKOMINFO KAB. KAIMANA